Anjing Bulldog

Ditulis: ngingu | 2 min read
info anjing bulldog lengkap

Anjing Bulldog adalah salah satu spesies hewan yang memiliki karakteristik bersahabat dan penuh kasih sayang.

Sifat anjing satu ini memamg mempunyai temperamen yang tinggi tetapi jika mendapat pelatihan yang tepat dan kamu bisa mengajari anjing ini sejak usia dini, maka bulldog mudah dijinakkan.

    Info Umum

  • Nama Latin: Canis lupus familiaris
  • Berat: 18 - 23 KG
  • Panjang: 31 – 40 cm
  • Tinggi: 31 - 40 CM
  • Warna Bulu: Putih, Cokelat (Ada Corak Gelap di Wajah)
  • Umur: 8 - 10 Tahun

Bulldog adalah anjing yang menuntut perhatian dari orang-orang, jika bulldog banyak disayang dan diberi hadiah berupa mainan atau makanan kesukaannya, maka ia bisa tetap tenang.

Jika kamu tidak bisa merawat anjing ini dan tidak bisa menenangkannya, maka bulldog mudah menyerang orang-orang di sekitarnya.

Ya, akibatnya sangat buruk, ia bisa suka menggigit dan memotong benda-benda di sekitarnya juga. Berikut adalah cara tepat untuk memelihara bulldog.

Apa Ciri-ciri dan Karakteristik Anjing Bulldog?

ciri karakteristik anjing bulldog lengkap
vetstreet.com

Karakteristik dan kepribadian bulldog jantan dan bulldog betina sebenarnya berbeda. Bulldog pada dasarnya bukanlah jenis anjing yang menuntut perhatian, tetapi Bulldog memang membutuhkan kasih sayang agar bisa dijinakkan

Anjing lucu ini memiliki beberapa karakteristik umum, di antaranya adalah :

  1. Bulldog sangat kuat, stabil, kulitnya tebal, dan ototnya sangat kuat.
  2. Bulldog mandiri dan suka tantangan. Sifatnya ini membuat Bulldog jauh lebih mandiri jika dibandingkan dengan anjing lainnya.
  3. Kulit Bulldog sangat tebal dan kuat.
  4. Bulldog memiliki lubang hidung yang besar dan warna bulu hidungnya hitam.
  5. Kaki bulldog pendek tapi sangat kuat untuk menopang ukuran tubuhnya yang besar dan berat.
  6. Warna kulit Bulldog kebanyakan adalah merah, cokelat muda pirang pucat atau putih.
  7. Bulldog ramah dan merasa nyaman dengan anak-anak dan hewan peliharaan lainnya.
  8. Bulldog akan hidup dengan tenang di dalam kandang anjing jika cuacanya sesuai normal.
  9. Bulldog yang berukuran kecil paling baik diajak latihan di dalam ruangan dan jika kamu ingin melatih di luar ruangan, pastikan kamu sudah melatihnya dengan baik dulu di rumah agar Bulldog tidak bersifat liar dan membahayakan.

Bagaimana Cara Merawat Anjing Bulldog?

Lalu bagaimana sih cara untuk merawat dan memelihara anjing Bulldog ini? Caranya mudah, kok! Berikut adalah tips-tipsnya :

1. Masukkan Tempat Pembuangan Kotoran Bulldog di Dalam Kandang

merawat anjing bulldog pembuangan kotoran
bluemountainbulldogs.com

Dalam hal kotoran, jenis anjing satu ini sebenarnya tidak seburuk anjing lainnya yang suka membuang kotoran sembarang.

Khawatir anak anjing mengeluarkan terlalu banyak kotoran? Sebelum kamu panik, cobalah mengubah pola makan.

Siapkan tempat agar Bulldog kamu bisa buang air di dalam wadah tersebut. Selain itu, anak anjing bulldog lebih banyak kawin dan beranak daripada orang dewasa, jadi selalu ada kemungkinan kotoran akan berkurang seiring bertambahnya usia.

2. Sikat Bulunya Beberapa kali seminggu

sikat bulu anjing bulldog
caulfieldscounter.com

Untuk menghindari kutu anjing pada bulu Bulldog kamu, maka sikatlah seluruh bagian bulunya beberapa kali seminggu.

Jika ada kotoran di mata Bulldog, kamu bisa menggunakan bola kapas yang dicelupkan ke dalam peroksida untuk membersihkannya tapi jauhkan dari matanya, ya!

Bulldog juga perlu mandi, ya! Anjing ini bisa dimandikan setiap beberapa minggu atau bahkan beberapa bulan sekali sudah lebih dari cukup.

Kamu juga bisa membersihkan kotoran di badannya, cukup pastikan sampo yang kamu gunakan lembut dan ramah anjing, agar tidak mengiritasi kulitnya.

3. Beri Pakan yang Tepat

makanan anjing bulldog lengkap
anybulldog.com

Jumlah makanan anjing Bulldog yang disarankan adalah 1-1,5 cangkir per hari. Kamu harus membaginya menjadi dua kali makan per hari. Jangan terlalu sering memberinya makan karena anjing satu ini lebih bahagia ketika diberi makanan secara teratur pada waktu yang sama.

Jadi, kamu perlu bersikap konsisten ketika memberinya makanan dan jangan mengubah pola makannya dengan mudah kecuali disarankan oleh dokter hewannya.

Ingatlah bahwa tidak semua anjing itu sama. Jumlah makanan anjing yang akan kamu berikan bergantung pada seberapa aktif dia dan seberapa besar dia.

Selain itu, jika kamu memperhatikan bahwa Bulldogmu membutuhkan lebih banyak makanan daripada yang kamu berikan saat ini, kamuu dapat memberinya lebih banyak.

Untuk amannya, selalu bicarakan dengan dokter hewan Anda sebelum menambah atau mengurangi makanannya. Dokter tahu apa yang terbaik untuk anjing kamu.

Apa Makanan untuk Anjing Bulldog?

makanan anjing bulldog lengkap
anybulldog.com

Bulldog rentan mengalami obesitas karena ukurannya yang kecil. Jika kamu tidak memantau asupan makanannya, berat badannya akan bertambah.

Obesitas dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan pada bulldog dan sangat mempengaruhi kesehatannya.

Bahan utama makanan anjing haruslah daging yang berkualitas seperti ayam, domba, ikan, daging sapi dll. Pastikan tidak ada kedelai yang menjadi makanan anjing untuk Bulldog. Beberapa Bulldog alergi terhadap kedelai. Makanan harus memiliki lemak yang sehat

Makanan anjing yang kamu pilih untuk bulldog Anda harus memiliki sumber karbohidrat yang baik. Kamu bisa memberi makan biskuit sebagai camilan untuk bulldog.

Setelah mengetahui bagaimana cara untuk merawat bulldog, barulah kamu bisa meninjau kembali untuk memeliharanya di kemudian hari.

  • https://www.dictio.id/t/ciri-ciri-fisik-anjing-bulldog/36896
  • https://anjingdijual.com/anjing/bulldog#:~:text=Anjing%20Bulldog%20digambarkan%20sebagai%20anjing,mudah%20menyerah%20dan%20sangat%20gigih.
  • https://thegorbalsla.com/anjing-bulldog/
  • https://pomeriandog.wordpress.com/2012/02/01/cara-merawat-dan-memelihara-anjing-bulldog/

Anjing Pudel

ngingu
2 min read

Anjing Chow Chow

ngingu
3 min read

Anjing Siberian Husky

ngingu
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *