Tips Merawat dan Makanan Anjing Maltese

Ditulis: ngingu | 3 min read
info anjing Maltese

Anjing Maltese adalah salah satu jenis anjing yang banyak dipelihara karena lucu dan menggemaskan. Jika dilihat dari bentuknya, anjing lucu yang satu ini memiliki ukuran yang kecil sehingga sangat imut jika dijadikan hewan peliharaan di rumah. Apakah kamu juga tertarik untuk memeliharanya di rumah?

Tahukah kamu, anjing maltase sendiri merupakan anjing yang berasal dari kawasan Mediterania tengah. Anjing ini telah diakui oleh FCI sebagai salah satu anjing yang dilindungi oleh dunia.

    Info Umum

  • Nama Latin: Canis Melitaeus
  • Berat: 3-4 kg
  • Panjang: 20-25 cm
  • Tinggi: 20cm
  • Warna Bulu: Putih
  • Umur: 12-15 tahun

Nah, untuk kamu yang berencana untuk memeliharanya di rumah, simak terlebih dahulu beberapa informasi penting terkait anjing maltase berikut ini.

Apa saja sih ciri dan karakteristik anjing maltese?

Anjing maltase memang sudah sangat populer dikalangan pecinta anjing di seluruh dunia. Jenis anjing ini memiliki beberapa ciri atau karakteristik yang tidak dimiliki oleh anjing pada umumnya.

Bagi kamu yang berencana untuk menjadikannya sebagai hewan peliharaan, penting sekali mengetahui karakteristik yang dimilikinya. Diantaranya yaitu:

1. Lapisan Bulu

bulu rambut anjing Maltese
gambar: dogtime.com

Salah satu ciri yang membedakan anjing maltase dengan jenis lainnya yaitu dari warna bulunya. Seperti yang diketahui, anjing jenis ini memiliki bulu berwarna putih yang sangat panjang dan halus.

Namun untuk bagian lapisan bulu bawah sangat sedikit dan tidak mudah rontok. Nah, agar membuat bulu tidak mudah rontok maka dibutuhkan perawatan khusus seperti menggunakan shampoo khususanjing jenis ini.

2. Ukuran

ukuran anjing Maltese
gambar: thehappypuppysite.com

Seperti yang sudah sedikit dijelaskan di atas, anjing maltase dianggap menjadi salah satu anjung yang memiliki ukuran kecil. Untuk anjing jantan memiliki tinggi antara 8 sampai 10 inci.

Sedangkan untuk anjing maltase betina memiliki tinggi sekitar 8 sampai 9 inci. Berat badan mereka pun hanya mampu mencapai 6,5 sampai 9 pound.

3. Aktivitas

aktivitas anjing Maltese
gambar: thehappypuppysite.com

Jika dibandingkan dengan jenis anjing lainnya, anjing maltase memang tidak begitu aktif. Namun meski begitu mereka juga butuh bermain secara teratur agar tetap sehat dan bugar.

4. Umur

umur anjing Maltese
gambar: thesprucepets.com

Bagi beberapa orang yang ingin merawat anjing ini tentu penasaran berapa usia atau umur dari anjing maltase. Jika perawatan yang dilakukan tepat, anjing jenis ini dapat berumur panjang. Bahkan untuk harapan hidupnya sekitar 15 tahun hingga 18 tahun.

Selain beberapa karakteristik yang sudah disebutkan dia atas, jika dilihat dari kecerdasannya anjing jenis ini bisa dikatakan kategori cerdas.

Bahkan ia dianggap sebagai salah satu anjing yang setia dengan tuannya. Namun kekurangannya anjung ini sedikit keras kepala dan sulit diajari untuk buang kotoran pada tempat yang telah disediakan.

Bagaimana cara merawat anjing maltese yang baik dan benar?

Untuk cara merawat anjing jenis yang satu ini terbilang cukup mudah. Namun yang perlu kamu tahu bahwa untuk cara perawatan antara anjing dewasa dengan anak anjing sedikit berbeda.

cara merawat anjing Maltese dewasa
gambar: espree.com

Tips merawat anjing maltese dewasa

Nah, berikut beberapa cara dalam merawat anjing maltase yang dewasa, yaitu:

  • Bersihkan area wajah setiap hari untuk menghindari noda di sekitar karena mata
  • Sisir bulu baik badan atau rambut setiap hari untuk menghindari bulu yang mengikat atau rontok
  • Jangan memberikan makanan anjing yang mengandung pewarna untuk mencegah noda di sekitar air mata.
  • Rutin menyisir dan menyikat bulu setiap hari dengan cara yang lembut
  • Jangan lupa untuk dimandikan secara rutin dan menggunakan shampoo khusus untuk menjaga bulunya tidak rontok.
  • Ikat rambut bagian atas agar tidak mengganggu penglihatannya
cara merawat anjing Maltese anak
gambar: akc.org

Tips merawat anak anjing maltese

Sedangkan untuk merawat anak anjing maltase ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, diantaranya yaitu:

  • Perhatikan kandang anjing, pastikan dalam kondisi kering dan bersih
  • Jangan lupa untuk memberikan makanan khusus dan hindari makanan yang mengandung pewarna atau zat kimia lainnya. Selain itu pastikan juga untuk memberinya minum yang cukup agar kondisi tubuhnya tetap segar
  • Bersihkan pada area wajah dengan menggunakan air hangat
  • Bersihkan tubuh setiap hari dan mandikan dengan menggunakan air hangat dan juga shampoo kering.
  • Jangan lupa untuk potong kukunya jika dalam kondisi panjang dan kotor.
  • Agar anak anjing maltase tetap sehat maka sebaiknya untuk sering membawanya ke dokter hewan untuk dicek perkembangannya.

Perlu diingat, dengan membersihkan anjing secara rutin maka kamu juga bisa meminmalisir munculnya kutu anjing yang dapat mengganggu kesehatannya. Oleh karena itu, jangan sampai kamu malas untuk memandikannya ya!

Anjing Maltese biasanya dikasih makan apa?

makanan anjing Maltese
gambar: thehappypuppysite.com

Memilih makanan untuk anjing jenis ini tidak boleh dilakukan sebarangan, karena jika sampai salah tentu akan mengganggu kesehatan tubuhnya.

Sebenarnya makanan untuk anjing maltase ini terbilang mudah hanya saja kamu harus memilihkan makanan yang mengandung nutrisi tinggi.

Salah satu jenis makanan anjing yang khusus untuk jenis anjing ini yaitu Royal Canin Indonesia. Namun perlu diketahui, untuk jenis makanan anjing yang satu ini hanya boleh diberikan untuk mereka yang sudah berusia 10 tahun ke atas.

Nutrisi yang terkandung di dalam Royal Canin Indonesia ini diformulasikan secara khusus untuk menunjang pertumbuhan dan menjaga keindahan bulunya.

Beberapa kandungan nutrisi yang terdapat di dog food ini seperti borage oil, biotin, asam lemak, omega 3, asam lemak dan omega 6. Dengan banyak kandungan nutrisi tersebut, anjing peliharaan kamu pun akan selalu sehat dan terbebas dari penyakit.

Jadi, apakah kamu tertarik untuk memelihara anjing Maltese? Jika iya, pastikan untuk menerapkan berbagai macam perawatan yang sudah disebutkan sebelumnya.

Jangan lupa jika sudah memasuki usianya anjing jenis ini akan lebih aktif untuk minta kawin. Agar menghasilkan keturunan yang berkualitas pastikan untuk mengawinkannya dengan anjing yang sehat dan unggulan.

  • https://www.petelagi.com/karakteristik-anjing-maltese-yang-perlu-diketahui/
  • https://thegorbalsla.com/anjing-maltase/
  • https://anjingdijual.com/anjing/maltese

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *