Burung Kakatua

Ditulis: ngingu | 2 min read
info burung kakatua lengkap

Burung kakaktua adalah sebuah burung yang jika diartikan dalam bahasa Melayu artinya “kakak perempuan”. Adapun nama lain burung kakaktua adalah Cacatuidae.

Nama Cacatuidae ini telah digunakan dalam bahasa Inggris dan, dengan beberapa modifikasi ejaan, di negara-negara Eropa selama lebih dari 300 tahun. Nama Cacatuidae tersebut konon diambil dari teriakannya yakni melengking dan seperti menyebut Cacatuidae.

    Info Umum

  • Nama Latin: Cacatuidae
  • Berat: 90-700 gram
  • Ukuran: 30-60 CM
  • Warna Bulu: Putih, Hitam, Kuning
  • Umur: 10-14 Tahun

Asal burung kakaktua di Indonesia ada beragam, ada yang dari Kalimantan, Jawa dan sebagainya. Spesies burung ini juga hidup di daerah sekitar Wilayah Australia, termasuk Tasmania. Burung ini juga secara alami hidup ke arah timur sampai Kepulauan Solomon.

Ada Berapa Jenis Burung Kakaktua?

Kakaktua adalah burung yang dipelihara sebagai hewan peliharaan dan biasanya burung ini memiliki khas warna putih dengan jambul kuning atau merah muda.

Secara taksonomi, Kakaktua adalah keluarga burung Cacatuidae, dalam ordo Psittaciformes. Berikut adalah beberapa jenis burung kakaktua yang terkenal di Indonesia dan bahkan dunia :

1. Kakatua putih

gambar burung kakatua putih
parrotindonesia18.wixsite.com

Nah, sesuai dengan namanya nih, jenis kakaktua ini memang mempunyai warna bulu yang putih bersih dan cantik.

Bahkan jambul yang dimiliki oleh jenis kakaktua ini juga berwarna putih. Namun untuk sayap di bagian dalamnya memiliki warna kuning. Untuk ukuran tubuh jenis kakaktua putih sendiri bisa mencapai 50 cm, lho.

2. Kakatua koki

gambar burung kakatua koki
bisnis.com

Kakaktua koki ini mempunyai ciri dengan jambulnya yang berwarna kuning dengan bentuknya yang sangat lancip.

Jika berkembang menjadi dewasa, ukurannya bisa mencapai 50 cm. Merawat kakaktua jenis ini cukup mudah, kok. Kamu hanya perlu menyiapkan kandang burung dan siapkan pakan terbaik agar burung kakaktua koki ini bisa mudah dijinakkan.

3. Kakatua Rawa

gambar burung kakatua rawa
wikipedia.org

Kakak tua rawa ini sangat mirip dengan burung beo karena mempunyai paruh bengkok. Paruh ini memiliki kekuatan yang cukup besar untuk dapat membunuh mamalia yang lebih besar. Kakak tua jenis ini memiliki kaki zygodactyl dua jari ke depan dan dua mengarah ke belakang.

Dengan kaki ini mereka bisa mengambil makanan dan barang lainnya dengan cukup memegang. Sebagai ciri khasnya, kakatua liar memiliki jambul yang bisa digerakkan, dan bulu dengan warna yang umumnya lebih sederhana.

Bulunya berwarna putih, hitam, abu-abu atau merah muda, dengan beberapa jenis bahkan memiliki bercak atau area kuning atau merah yang lebih kecil.

4. Kakaktua Australia atau Bulu Hitam

gambar burung kakatua australia
republika.co.id

Kakaktua Australia atau Calyptorhynchus adalah burung dengan spesies hitam besar Australia dan ekor panjang bewarna merah tua dengan paduan kuning atau krem. Burung ini memiliki jambul besar dan bulu yang seluruhnya hitam.

Namun di bagian pipinya mempunyai warna merah cerah. Kakatua Australia ini sering menggunakan perkakas atau barang-barang atau potongan ranting pada kulit batang pohon yang mati untuk bermain-main.

Dengan cara ini, kakaktua Australia bisa menghasilkan suara yang bisa terdengar pada jarak hingga 100 meter.

Diperkirakan bahwa suara yang dihasilkan ketika ia bermain bisa berfungsi sebagai kode untuk menunjukkan kehadirannya pada pasangannya atau untuk penyusup.

Berapa Harga Burung Kakaktua?

harga burung kakatua lengkap
dijelas.in

Berikut ini adalah harga burung kakatua berbagai jenisnya:

Jenis Burung Harga
Kakaktua putih Rp. 3.000.0000
Kakaktua koki Rp. 2.500.0000
Kakaktua rawa Rp. 2.000.0000
Kakaktua Australia Rp. 4.000.0000

Apa Makanan Burung Kakaktua?

makanan burung kakatua lengkap
hobinatang.com

Dikarenakan burung kakaktua ini habitatnya bervariasi, mulai dari sabana kering di Australia hingga hutan hujan tropis di Indonesia dan Filipina, maka makanan hewan satu ini juga bervariasi.

Umumnya, sebagian besar kakaktua makanannya terdiri dari buah-buahan dan biji-bijian. Adapula jenis burung kakaktua yang juga memakan akar tumbuhan.

Apa Ciri-ciri Burung Kakaktua?

karakteristik burung kakatua lengkap
satuharapan.com

Berikut adalah ciri dan karakteristik dari burung kakaktua :

  1. Mempunyai paruh dengan bentuk yang sangat unik, yakni bengkok.
  2. Jari pada kaki-kaki burung ini mempunyai tulang  yang saling bersilangan.
  3. Kebanyakan warnanya adalah putih, hitam dan merah mudah.
  4. Mempunyai jambul unik yang kebanyakan berwarna kuning.
  5. Di luar musim kawin, kakaktua hidup dalam kelompok kecil atau dalam kawanan besar yang terdiri dari beberapa ratus burung..
  6. Kebanyakan burung kakaktua memiliki suara yang sangat nyaring. Suara burung ini bisa tajam dan memekakkan telinga.
  7. Kakaktua adalah burung kicau yang dapat mengeluarkan suara-suara yang sangat berbeda, dari suara biasa dan tangisan hingga peluit, dan juga meniru suara seperti dering telepon atau suara manusia. Namun burung kakaktua tidak berbakat menghasilkan suara dalam bahasa seperti burung beo atau perkutut gacor.
  8. Kakatua dapat tumbuh hingga usia yang sangat tua. Di kebun binatang London, seekor Kakatua jambul belerang mencapai usia lanjut 82 tahun.

Jika kamu ingin memelihara burung kakaktua, siapkan anggaran dana sebagaimana yang tertera di atas, ya!

  • https://www.ekor9.com/jenis-burung-kakatua/
  • https://brainly.co.id/tugas/14818778
  • https://guruaria.com/harga-burung-kakatua/

Burung Macaw

ngingu
2 min read

Burung Lovebird

ngingu
3 min read

Burung Gemak

ngingu
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *